Saturday, September 30, 2017

Buku: Kumpulan Cerpen PBA - Surat dari Rumah Akasia


Alhamdulillah bulan September 2017 ini, saya menerima paket dari Penerbit Bitread. Isinya, buku-buku Kumpulan Cerpen dari komunitas Penulis Bacaan Anak (PBA). Saya memesan 4 judul buku. Tapi 2 judul buku diantaranya lebih spesial buat saya… Buku yang berjudul Surat dari Rumah Akasia dan Kebun di Atas Awan.




Kenapa buku Surat dari Rumah Akasia menjadi spesial?

Pertama, karena itu adalah karya pertama saat saya mulai belajar menulis cerita anak dan akhirnya terseleksi untuk dibukukan oleh PBA. 

Kedua, karena melalui naskah itu saya bisa sebuku dengan anak saya si mbarep Rubee Putri, dan satu buku dengan dua teman seperjuangan di kelas Merah Jambu, mbak Kalya Inovie dan mbak Husna Ilyas.




Ketiga, bisa satu buku dengan penulis-penulis cerita anak yang namanya sudah sering didengar di media atau dilihat di toko-toko buku, seperti Kang Iwok Abary, Rh.Mandala, Yulina Trihaningsih, dan penulis-penulis keren lainnya. Jadi, isi ceritanya pun nggak diragukan… bagus-bagus! Apalagi cerita didalamnya bertemakan Bermain di Lapangan. Sudah pasti, pembaca bakal menemukan banyak keseruan dalam cerita-cerita di buku ini.

Naskah saya di buku ini berjudul Radit dan Ladang Jagung. Bercerita tentang anak-anak dengan grup futsalnya yang akan berkompetisi di tingkat kota. Mereka mempunyai seorang pemain kunci yang bisa membawa grup futsalnya memperoleh kemenangan. Penasaran nggak, apa hubungannya antara pemain kunci, ladang jagung, zombi dan kemenangan grup futsal mereka?





Ada lagi cerita yang saya suka, berjudul Aksi Dudit karya Kak Iwok Abqary. Bercerita tentang si Dudit yang meminta teman-temannya berkumpul di suatu tempat. Tapi sayangnya, Dudit tak mengatakan untuk apa teman-temannya diminta berkumpul. Ada yang menebak, kalau Dudit akan membawa permainan baru, ada juga yang menebak Dudit akan mengenalkan teman baru. Sampai akhirnya salah satu temannya bisa menebak saat Dudit datang dengan membawa kantong plastik hitam besar ditangannya. Kira-kira apa ya yang akan dilakukan Dudit? Cerita ini memancing penasaran pembaca untuk mengetahui apa yang ingin dilakukan Dudit bersama teman-temannya.

Cerita unik kak Rh.Mandala, tak kalah unik. Bercerita tentang Ide-Ide Aneh Andit yang bisa membuat pembaca terkejut. Cerita Mata Hantu karya Kak Wahyu Annisha, cerita seram tentang anak-anak memecahkan misteri mata merah yang mereka lihat saat menangkap kunang-kunang. Cerita kakak adik yang bingung mau main apa yang bisa dilakukan bersama-sama karya si mbarep Rubee Putri. Cerita tentang keseruan tinggal di dalam hutan akasia jauh dari keramaian, karya Kak Onie Daulat. Dan kesemua cerita, diilustrasi oleh ilustrator buku bacaan anak yang menjadi anggota PBA juga.

Yuk jangan ketinggalan baca buku ini… Bisa  langsung pesan ke penerbitnya ya…
Ini alamatnya: http://bitread.id/book_module/book/view/813/surat_dari_rumah_akasia_1

Selamat Membaca… J

No comments: